Translate

Jumat, Agustus 18, 2017

Video Panen Kompost Cair Perdana

Erik sedang memanen kompost cair

Lindi atau kompost cair, merupakan salah satu hasil yang di dapat dari pengolahan sampah organik menggunakan drum komposter.

Sampah organik yang mengalami proses pembusukan akan mengeluarkan Lindi, hal ini dikarenakan sampah yang berasal dari tumbuhan terdapat kandungan air, sehingga saat proses komposting terjadi, air tersebut akan terpisah dari pupuk kompost padat.



Pemanfaatan Kompost Cair

Lindi atau kompost cair yang di panen, dapat dimanfaatkan menjadi beberapa hal, yaitu, aktivator bakteri pengurai untuk sampah organik dan sebagai pupuk cair bagi tanaman.

Jika Kompost Cair Tersebut akan digunakan sebagai aktivator, maka setelah panen, Kompost Cair tersebut harus diletakan di tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung, hal ini dikarenakan bakteri pengurai Sampah organik tersebut dapat bertahan sampai dengan suhu 37°c.

Jika Kompost Cair tersebut akan digunakan sebagai nutrisi bagi tumbuhan, untuk menggunakannya, pupuk cair tersebut harus dicampur dengan komposisi 1/4 dari jumlah air yang akan digunakan.

Penggunaan Kompost Cair tanpa campuran air, dapat menyebabkan tanaman mati. Hal ini dikarenakan Kompost Cair tersebut memiliki kadar asam yang tinggi. 

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Comments system